29 Jul 2013

Menjadi Penulis ? Mari Lepas Landas…

Share it Please
Menjadi Penulis ? Mari Lepas Landas…

Setiap orang memiliki roda kehidupan sendiri-sendiri, dengan standar yang bebeda beda. Semua orang pasti ingin sukses, namun tidak banyak pula yang mimpinya terhalangi oleh tembok besar karena terintimidasi dengan kesuksesan orang lain, hingga terpuruk dan malas bersaing karna merasa telah tertinggal. Dalam hal ini kedewasaanlah yang membantu, seperti kata Irawan Senda “Lebih baik bijaksana bila kita memberi standar kesuksesan sendiri, tak perlu malu dengan lingkupnya, karena kesuksesan itu yang terpenting bukanlah besar kecilnya, namun bagaimana kita mensyukuri dan menghargai proses....  
Bagi sebagian orang menulis adalah hal yang mainstream atau hal yang sudah biasa dikarenakan banyaknya penulis pemula yang mencari jalannya untuk menjadi seorang penulis sukses, mulai dari menulis Artikel, Cerpen, Novel, Buku, Agama, Keilmuan dan lainnya, yang serius atau karena sekedar hoby, dari hal kecil sampai yang Booming, yang bermanfaat ataupun hanya sekedar Hiburan. Mencari Kesuksesan ? Popularitas ? yeahh..  namun yang paling terpenting dari itu semua adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain karena telah menebar Ilmu.
Menjadi seorang penulis mempunyai banyak keuntungan, baik dari segi Dunia maupun akhirat. Dari segi dunia, telah berjuta juta orang di dunia telah menjadikan Tulisan sebagai mata pencaharian Utama dalam hidupnya, bahkan memiliki harta yang berlimpah karena kesuksesannya menjadi seorang penulis. Bukan cuman harta yang melimpah, memiliki banyak teman dan penggemar karena popularitas yang didongkrak. Andrea Hirata misalkan, penulis Novel trilogi laskar Pelangi. dua Novel dari trilogi tersebut telah di buat Film, sedang Novel yang selanjutnya Edensor sedang dalam tahapan Syuting Film. Tidak perlu daitanyakan lagi seberapa menarik Novel tersebut, karena menceritakan ciri khas asli Indonesia. Dan hebatnya lagi trilogi The Rainbow Troopers (Laskar Pelangi) telah Go Internasional dan diterbitkan oleh FSG, penerbit terkemuka di Amerika yang telah diterjemahkan dalam 20 bahasa di dunia. Belum lagi Raditya Dika, penulis buku Kambing Jantan di tahun 2009, yang sangat di sukai anak muda Indonesia karena berisi lawakan Renyah dan cepat diserap namun tetap punya karakter khas Indonesia. Buku Kambing jantan telah di filmkan dan mampu meraup banyak penonton, Dan puncaknya di tahun 2013, dua Film telah diluncurkannya dalam setahun dan dalam kurun waktu yang tidak lama, Cinta Brontosaurus dan Cinta dalam kardus yang diadaptasi dari Novel dan Serial Komedi Tv. Cinta Brontosaurus meraup sangat banyak penonton di Indonesia, 150 ribu penonton dalam sehari, saingan Film Iron Man 3 !. menariknya Raditya Dika awalnya adalah seorang Blogger, hingga sekarang bukan Cuma sekedar Penulis Novel, dia juga seorang stand up comedian juga pemain serial komedi Tv. mereka berdua termasuk jajaran Novelis terkaya di indonesa. mereka memang seorang seniman.
Dilingkup Internasional lebih sensasional, JK Rowling misalnya, penulis wanita yang menerbitkan Novel Trilogi terlaris dunia, Harry Potter yang semuanya diangkat kelayar lebar, memiliki penghasilan $ 17 juta yang setara 170 milyar rupiah, atau Stephen King, sejak tulisan pertamanya carrie, diangkat ke layar lebar hingga sekarang  karyanya telah terjual 300 juta kopi lalu diterjemahkan dalam 33 bahasa, dan si Raja Horor ini memiliki pendapatan $ 39 juta yang setara 390 milyar rupiah !. Fantastis adalah kata yang tepat, hanya dengan bermodalkan goresan pena diatas kertas mampu mendongkrak kesuksesan dan popularitas yang besar. Ingat ? Saat kita masih kecil, sering muncul pertanyaan, “saat besar nanti mau jadi apa ?”, di jawab dengan jawaban bervariasi, “Dokter !, Insinyur !, Guru !, Polisi !,” atau “Penyanyi !”. tidak pernah ada jawaban “Penulis !”, kenapa ? padahal keuntungan yang didapat jauh lebih besar.
Bukan cuman didunia keuntungannya, di akhirat juga punya keuntungan yang tidak kalah besar. Jika ditinjau dari segi agama, seorang mu’min tentulah harus menjadi seorang yang terbaik bagi mu’min yang lainnya. Dalam Hadistnya Rasulullah SAW memberikan beberapa kriteria mu’min terbaik diantaranya,
Pertama : “khairukum man ta’allamal Qur’an wa ‘Allamahu” (orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang Belajar Al Qur’an dan mengajarkannya. (pada orang lain).
Kedua: “manyuridillahu khairan yufaqqihu fid diin” (siapa yang Allah SWT kehendaki menjadi orang terbaik, dia akan memahamkannya dalam urusan Agama).
Ketiga : “khairunnaas anfa’uhum linnaas” (sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia yang lainnya).
            Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang yang ada disekitarnya merupakan perkara yang sangat dianjurkan oleh Agama, hal ini menjadi indikator berfungsinya nilai kemanusiaan yang sebenarnya. Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh seberapa bermanfaat dirinya bagi orang lain. Dalam hal ini manfaat yang ada dalam hadist ini luas, bukan hanya ilmu, dengan membuat hati orang lain senang juga termasuk memberikan manfaat kepada orang lain. Dari Hadist Riwayat Muslim “Jika seseorang meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal, Shadaqah jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak Shaleh yang mendoakan orang tuanya”. Nah, dengan menulis sesuatu yang bersifat positif lalu disebarkan kepada orang banyak maka, amalan kita di dunia tidak putus.

Tips dan Trik
            Memulai menjadi penulis memang bukanlah sesuatu yang mudah, butuh waktu, kreatifitas, juga butuh jiwanya penulis. Namun dari semua adalah terus menimba memperbanyak referensi  terbaru sehingga pikiran kita diperkaya dengan ilmu pengetahuan yang banyak. bagaimana caranya ? Membaca, dengan membaca baik itu buku ataupun media visual yang lainnya pikiran kita seakan akan dibawa terbang melanglang buana bereksplorasi terhadap bahan yang kita baca. Bahan yang dibacapun berpengaruh pada gaya bahasa tulisan kita, maka dari itu bacalah sesuatu yang bersifat positif. Baik itu Fiksi ataupun nonFiksi, yang tepenting adalah manfaat yang bisa tersampaikan.
Paling penting adalah bacalah sesuatu yang menjadi minat. Love what you Do and Do what you Love, Cintai pekerjaanmu dan kerjakan apa yang engkau Cintai, itulah salah satu konsep kerja professional. jangan paksakan sesuatu yang bertolak belakang dengan karakter diri karena akan membuat kreatifitas berfikir menjadi tumpul. Memulai suatu tulisan bukanlah hal yang instan, namun ada beberapa langkah mudah menurut “Belajar Nulis | Tips Menulis | Menjadi Penulis”, yaitu :
            Pertama, Cetuskan Gagasan. Carilah bahan yang menurut kebanyakan orang menarik, misalkan life skill.
            Kedua, Susun Kerangka.susun kerangka yang sebaik mungkin, agar tulisan dapat dengan mudah di serap oleh pembaca.
            Ketiga, Menulis Cepat, Jelek, Tanpa Sandaran. Tuangkan semua dalam tulisan, semuanya yang ada dalam pikiran apapun itu, bagus atau jelek.
            Keempat, Memperkaya Tulisan. Tambahkan dalil atau kutipan agar tulisan lebih dipercaya dan lebih bervariasi.
            Kelima, Mempercantik, jika tulisan telah selesai, ubahlah kata kata yang biasa menjadi luar biasa dengan tata bahasa yang menarik. Tambahkan metamorf yang pas namun tidak klise, sehingga pembaca tertarik untuk terus membaca.



            Ada pesan dari beberapa penulis sukses bagi penulis pemula,:

"Membacalah sebanyak-banyaknya, kamu akan dapat menulis sebanyak-banyaknya pula,"
-          STEPHEN KING, Raja Horror Dunia
“Saya dulu seperti kerang kosong yang berjalan-jalan di jalanan. Menulis telah membuatku merasa punya jiwa,”
-          JHON MULLIGAN, penulis Shopping Cart Soldiers.
"Tidak peduli mau mengangkat tema apa, atau mau ditujukan kepada anak-anak, remaja ataupun dewasa yang paling terpenting adalah melakukan riset sebanyak-banyaknya," 
-          ANDREA HIRATA, penulis The Rainbow Troopers
“Tulislah buku yang ingin kamu baca”
-          DEE, penulis Perahu Kertas & Madre


Menulis sekarang telah menjadi profesi yang kompetitif, berlomba mencari Kesuksesan dan Popularitas lewat goresan pena diatas kertas.  pepatah mengatakan, “jika ingin Hidup lebih lama, maka harus menulis”, karena dengan menulis kita akan di kenang oleh pembaca hingga ke masa yang akan datang. Mulailah menjadi penulis Sejati dengan niat memberi manfaat bagi orang lain dan mengesampingkan materi dan Aktualisasi diri semata.

“Tulisan bukanlah sekedar kualitas kosa kata ataupun banyaknya karya yang telah dibuat. esensi sebenarnya dari seorang Penulis adalah Memberi manfaat kepada siPembaca”

-          Muhammad Hanif, Newbie Writer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author